www.dinamika.com | Merek Perusahaan Paling Berharga Di Dunia
Laporan kelompok riset pasar Millward Brown menunjukkan Google menggulingkan Apple dari posisi puncak dalam peringkat nilai merek dagang perusahaan raksasa dunia. Inovasi tiada henti membantu Google.
Setiap tahun konsultan pemasaran Millward Brown memperkirakan nilai 100 merek dagang paling berharga pada tingkat global. Peringkat tahun ini menambahkan 310 miliar Dolar hingga mencapai ekuitas merek agregat sebesar 2,9 triliun Dolar. Angka ini menandai kenaikan 12 persen dari tahun sebelumnya. Sebelum hasil BrandZ Global 2014 muncul, Top 100 telah naik rata-rata 6 persen - 125 miliar Dolar per tahun - sejak krisis finansial tahun 2008 dan 2009. Setelah berada di posisi teratas selama tiga tahun, Apple pada tahun 2014 disalip Google. Millward Brown menaruh ekuitas merek Google sebesar 158,8 miliar Dolar, naik 40 persen dari tahun sebelumnya, sementara Apple menderita penurunan 20 persen bernilai 147,9 miliar Dolar. Dominasi Amerika Serikat Kelompok riset pasar ini mencatat bahwa peringkat 10 besar hanya terdiri dari perusahaan-perusahaan Amerika Serikat, termasuk IBM pada posisi ketiga, disusul Microsoft, McDonald's dan Coca-Cola.
SEO MENINGKATKAN PROSPEK USAHA ANDA
Perusahaan-perusahaan Cina termasuk di antara mereka yang mengalami peningkatan terbesar, dengan raksasa internet Tencent naik ke peringkat ke-14, meninggalkan Facebook, Disney dan Samsung. Tujuh perusahaan Jerman juga masuk ke dalam Top 100, dengan Deutsche Telekom pada posisi ke-27 dan BMW merebut posisi ke-32.
MEREK PALING BERHARGA DI DUNIA
Tempat Pertama Jatuh ke
Google. Tahun ini sang raksasa internet menggantikan raksasa teknologi Apple sebagai merek dagang paling berharga menurut BrandZ. Dengan inovasi seperti Google Glass, investasi kecerdasan buatan dan kemitraan baru dengan produsen mobil untuk mengintegrasikan sistem pengoperasian Android ke dalam kendaraan, Google meningkatkan 40 persen nilai merek dagangnya menjadi 159 miliar Dolar.
Juara Kedua adalah
Apple. Terkenal dengan iPhone, iPad dan komputer Mac-nya, perusahaan ini berada di posisi puncak dalam tiga tahun terakhir, namun nilai merek dagangnya turun 20 persen dalam setahun terakhir menjadi 148 miliar Dolar. Pada era pasca-Steve Jobs, sejumlah pihak meragukan apakah kesuksesan perusahaan ini akan bertahan.
Berkat Bisnis B2B
IBM berada pada peringkat ketiga dengan nilai merek dagang sebesar 108 miliar Dolar. Sementara survei serupa hanya memperhitungkan data finansial dalam melakukan pemeringkatan, studi Brandz juga mempertimbangkan opini konsumen.
Bisnis Peranti Lunak
Microsoft masih eksis. Perusahaan yang berhasil menaikkan nilai merek dagangnya sebesar 30 persen menjadi sekitar 90 miliar Dolar dalam setahun terakhir ini menduduki peringkat keempat. Menurut studi, nilai merek dagang perusahaan teknologi ini naik tajam pada periode survei.
Cara Tercepat Merebut Hati Seseorang …
... adalah melalui perut mereka, sesuatu yang dipahami betul oleh McDonald's. Raksasa makanan siap saji ini meraup banyak keuntungan dengan memuaskan selera konsumen. Studi memperkirakan nilai merek dagang jaringan restoran ini sekitar 85 miliar Dolar. Namun tampaknya konsumen semakin sadar akan kesehatan. Nilai merek dagang McDonald's turun lima persen dan turun satu peringkat.
Sudah Tidak Asing Lagi
Produsen minuman ringan Coca-Cola berada di peringkat enam dengan nilai merek dagang sebesar 80 miliar Dolar.
Merek Jerman Paling Berharga ...
adalah SAP. Nilai merek dagang perusahaan perangkat lunak ini naik sekitar 6 persen menjadi lebih dari 36 miliar Dolar. Perusahaan Jerman lainnya yang masuk Top 100 adalah Deutsche Telekom (peringkat ke-27), BMW (nomor 32), Mercedes-Benz (posisi ke-42), Siemens (ke-59) dan DHL (posisi ke-73). Sementara jaringan riteler Aldi bertengger di peringkat ke-100 senilai 9,5 miliar Dolar.
Naik Peringkat Kedua Terbesar
Facebook mengalami peningkatan kuat yakni sebesar 68 persen. Walau begitu jejaring sosial ini hanya mampu mengamankan posisi ke-21. Perusahaan yang nilainya naik terbesar adalah perusahaan Internet Cina, Tencent. Nilai merek dagangnya berlipat ganda menjadi 54 miliar Dolar, menaruh grup ini di peringkat ke-14.
Ciutan Pertama dalam Peringkat
Ada nama baru dalam 100 besar: Twitter. Layanan jejaring sosial ini memiliki nilai merek dagang sekitar 19 miliar Dolar, meski tidak ada yang tahu persis bagaimana cara layanan ini meraup untung. LinkedIn, jejaring sosial lainnya, juga masuk dalam peringkat untuk pertama kalinya tahun 2014.
Penulis: Insa Wrede