Diamika Solusi Utama (05/06/2014) Strategi Pemasaran Internet adalah proses penyusunan komunikasi terpadu yang bertujuan untuk memberikan informasi mengenai produk barang atau jasa dalam kaitannya untuk memuaskan kebutuhan dan keinginan manusia melalui media internet.
Secara garis besar strategi pemasaran online dapat dibagi menjadi 6 langkah,:
1. Search and Research
Memiliki toko online tanpa mengerti untuk apa toko itu dipakai tidak akan banyak bermanfaat. Mengapa? Karena kompetitor segera akan menjadi lawan yang pelik dengan persaingan yang tinggi. Metode terbaik untuk sukses dalam suatu ceruk pasar adalah melakukan riset di mana Anda:
· Bisa menemukan prospek dan pembeli yang tertarik dengan produk maupun jasa yang Anda tawarkan.
· Dapat memberikan nilai tambah dalam bentuk pengetahuan maupun layanan.
· Dengan efisien dapat menjangkau pasar atau bekerjasama dengan pemain yang ada.
· Banyak sekali cara seorang marketer dapat mendapatkan pelanggan dari dunia maya. Ada yang memilih memakai jalan pintas dengan membeli iklan di situs-situs yang ramai pengunjung atau dari mesin pencari. Cara yang mudah untuk mendapatkan pelanggan yaitu dengan membuka toko di Mall Online seperti Bursamuslim.com karena dengan membuka toko di Bursamuslim.com potensi pembeli yang berkunjung ke toko Anda lebih banyak dari pada Anda membuka sebuah toko online sendiri.
JASA PEMBUATAN TOKO ONLINE
2. Initiate Strategy
Situs web atau membuka toko online merupakan bagian terpenting dalam strategi pemasaran online. Banyak situs web yang menyediakan sarana buka toko yang gratis yang bisa Anda manfaatkan. Selain fitur gratis yang diberikan oleh penyedia web tentu biasanya ada juga fitur premium atau berbayar. Untuk memperoleh peluang lebih besar mendapatkan pengunjung atau calon pembeli produk barang atau jasa Anda, Anda bisa mencoba dengan bergabung dengan fitur premium tersebut, tentu banyak sekali keuntungan yang akan Anda peroleh dari pada menjadi reguler member karena Anda akan mendapatkan prioritas-prioritas dari web penyedia Toko Online tersebut.
3. Start Content Engine
Konten masih merupakan materi penting dalam strategi pemasaran online. Mengapa? Karena semua orang ketika berselancar di dunia maya, mereka mencari konten dalam satu bentuk atau lainnya. Strategi membuat konten tidak serumit yang dibayangkan kebanyakan orang. Dengan cara yang benar, Anda juga dapat memenuhi situs dengan konten yang diinginkan pemirsa. Hal ini memungkinkan terjadinya penjualan tanpa harus menjual. Suatu konsep yang mungkin kontroversial bagi Anda karena pelanggan dan klien yang datang mencari Anda, dan bukan sebaliknya. Strategi pemasaran Internet ini dinamakan content marketing. Penulisan judul dan deskripsi produk juga termasuk Content Marketing.
4. Traffic
Beberapa strategi yang populer untuk meningkatkan traffic :
· Search Engine Optimization(SEO). Ilmu, teknik dan proses memposisikan halaman situs web Anda di posisi yang tinggi di halaman pencarian untuk kata kunci yang dipakai prospek dan pelanggan Anda.
· Pay per click atau bayar / biaya per klik. Sistem periklanan yang diterapkan di Google salah satunya, di mana setiap kali iklan Anda diklik, Anda membayar sejumlah uang. Strategi ini bekerja dengan baik untuk eksperimen dan jika Anda telah memiliki proses penjualan yang baik.
· Media Buying. Meliputi pembelian iklan untuk ditampilkan pada berbagai situs. Strategi ini dapat dikombinasikan sekaligus dengan teknik pemasaran di dunia nyata dalam bentuk pembelian iklan di radio, televisi dan media cetak.
· Social Media. Strategi ini naik daun pada beberapa tahun belakangan ini. Pada dasarnya ia meliputi interaksi langsung dengan pemirsa, prospek dan konsumen di situs media sosial.
· Email Marketing. Mempergunakan email sebagai sarana komunikasi menjangkau pemirsa. Dengan konten yang baik akan dapat menarik pengunjung kembali ke situs Anda berulang kali. Lihat langkah selanjutnya.
Ada banyak lagi strategi yang dapat disebutkan berupa kombinasi ataupun variasi dari apa yang disebutkan di atas.
JASA SEO TERPERCAYA DI BEKASI
5.Embrace relationship.
Sebagaimana indahnya situs Anda tidak akan mengubah kenyataan bahwa sebagian orang tidak akan membeli pada saat kunjungan pertama. Mungkin mereka belum yakin. Prospek Anda mungkin ingin mencari informasi dari situs lain. Atau mereka masih dalam tahap perencanaan sehingga pilihan belum diputuskan. Itulah sebabnya diperlukan suatu metode agar dapat merangkul dan menuntun mereka melalui suatu proses. Jika Anda dapat membuktikan bahwa Anda memahami apa yang mereka lalui, mendemonstrasikan bahwa Anda sanggup membantu mereka atau memiliki tawaran terbaik yang mereka cari, maka pada saat mereka siap nantinya… dapat Anda tebak siapa yang mereka ingat. Dan tebak ke mana uang mereka akan mengalir? Website tidak dapat melakukan semua tugas dengan baik. Oleh sebab itu dibutuhkan email sebagai sarana komunikasi. Ada sistem yang mengizinkan Anda mengumpulkan nama dan alamat email prospek dan mengirimkan mereka informasi-informasi dengan teratur. Jadi tidak perlu kuatir bila suatu saat Anda akan memiliki seratus ribu bahkan sejuta orang dalam daftar prospek Anda, semuanya dapat ditangani dengan sistematis.Alternatif sarana yang dapat digunakan untuk membangun hubungan dengan prospek adalah media sosial. Di Facebook, Anda dapat berkomunikasi secara hampir real-time dengan mereka, berinteraksi, meminta pendapat, memberikan tips dan bahkan mengirimkan promosi dan informasi produk baru.
Kedua teknik di atas sangat berbeda implementasinya, tapi inti pemakaiannya sama.
Bila anda belum yakin harus dengan strategi ini, ketahuilah bahwa biaya yang dikeluarkan untuk mendapatkan pelanggan baru sampai lima kali dari biaya untuk mendapatkan penjualan dari pelanggan yang telah ada. Pelanggan yang pernah membeli selalu akan mengingat Anda selagi ada kesempatan, bila pengalaman yang Anda berikan baik.
Email dan media sosial adalah dua sarana ataupun kanal yang juga dapat Anda pergunakan untuk tujuan ini.
6. Money
Semua langkah di atas tujuannya adalah mendatangkan pendapatan yang menguntungkan. Semua proses di atas harus Anda lalui bila ingin sampai pada tahap ini. Uang tidak akan berpindah tangan kecuali Anda dapat mencari pelanggan dan memberikan sesuatu yang bernilai sebagai gantinya.Setelah memiliki pengunjung dan menghasilkan penjualan, salah satu langkah yang harus Anda lakukan adalah optimasi proses sehingga taraf konversi seseorang dari pengunjung ke prospek dan prospek ke pelanggan semakin tinggi. Jika awalnya dari 200 orang 1 membeli dan Anda meningkatkannya menjadi 1 pembeli setiap 100 orang, maka teorinya, keuntungan Anda berlipat ganda.
Jadi, sampai ke langkah ini bukan berarti akhir dari kesemuanya. Seperti halnya bisnis, semua merupakan proses yang terus dilakukan, dan berpotensi dikembangkan dan dimajukan.
Cara-cara eksperimen dan optimasi merupakan bidangnya tersendiri dan merupakan topik yang akan dikupas di kesempatan lain. Untuk sekarang, saya rasa semua ini cukup memberikan anda ide tentang bagaimana mengembangkan strategi pemasaran Internet atau Internet marketing yang sukses.
Jasa Pembuatan Website
Jasa Pembuatan Website Toko Online
Jasa Pembuatan Website Sekolah
Jasa Pembuatan Website Katalog Online
Jasa Pembuatan Website Company Profile
Jasa Pembuatan Website Perusahaan
Jasa Pembuatan Website Online Shop
Jasa Pembuatan Website Portal
Jasa Pembuatan Website Agen Travel
Jasa Pembuatan Website Hotel
Jasa Pembuatan Website Pemerintahan
Jasa Pembuatan Website MLM
Jasa Pembuatan Website Bisnis
Jasa Bikin Website
Jasa Bikin Website Toko Online
Jasa Bikin Website Sekolah
Jasa Bikin Website Katalog Online
Jasa Bikin Website Company Profile
Jasa Bikin Website Perusahaan
Jasa Bikin Website Online Shop
Jasa Bikin Website Portal
Jasa Bikin Website Agen Travel
Jasa Bikin Website Hotel
Jasa Bikin Website Pemerintahan
Jasa Bikin Website MLM
Jasa Bikin Website Bisnis